Jenis dan Manfaat Diet Sehat Yang Perlu Anda Ketahui
Diet Sehat
Diet Sehat

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis diet yang sudah berkembang dan dilakukan oleh banyak orang, salah satunya diet sehat. Diet sehat ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang menginginkan berat badan yang ideal, namun tetap sehat dan bugar. Dengan diet sehat, Anda tidak perlu khawatir akan efek samping dan lain sebagainya yang membahayakan bagi kesehatan organ tubuh.

Apa Itu Diet Sehat?

Diet merupakan suatu metode dalam mengatur pola makan dan minum untuk menjaga berat badan agar tetap selalu terkontrol. Dengan begitu, diet sehat bisa diartikan sebagai metode tertentu untuk meminimalisir daya konsumsi dengan tidak mengganggu kesehatan tubuh. Hal itu mengingat kini banyak sekali diet yang bahkan menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan, seperti karena efek samping.

Diet sehat tidak harus menggunakan obat-obatan kimia yang bahkan memberi efek samping dan berbahaya bagi kesehatan. Umumnya, diet secara sehat tidak bisa Anda lihat hasilnya dalam jangka waktu yang sangat dekat dan instan, sebab itu membutuhkan proses panjang. Jadi, Anda juga harus sabar dalam menjalaninya jika memang mendapatkan hasil yang cukup.

Mengapa Harus Diet Sehat?

Tidak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet secara ekstrem dan membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu juga ada banyak orang yang ingin mendapat tubuh proporsional, namun dengan cara yang instan, sehingga perubahannya sangat drastis. Itu semua sebenarnya sangat tidak dianjurkan.

Memang diet sehat dilakukan melalui proses yang panjang, sehingga harus bertahap. Pasalnya diet sehat harus mengutamakan pola hidup yang sehat seperti memperhatikan makanan, minuman, olahraga, hingga istirahat yang cukup dan seimbang. Karena itulah diet sehat tidak memicu efek samping yang berlebihan terhadap tubuh, khususnya bagi organ dalam Anda.

Pada dasarnya diet sehat tidak memaksa Anda untuk mengurangi porsi makanan atau semacamnya. Hanya saja pola makan yang perlu diubah, misalnya dalam hal jenis makanan dan minuman hingga waktu makan. Dengan begitu pula kesehatan tubuh akan tetap terjaga hingga mengurangi beberapa jenis resiko penyakit.

Diet secara sehat juga terbilang tidak mahal, sebab tidak harus menggunakan perawatan seperti suntik, obat, bahkan operasi. Anda hanya perlu untuk berbelanja kebutuhan makanan maupun minuman yang akan menjadi menu diet Anda disertai dengan olahraga yang teratur. Seperti halnya buah alpukat yang bisa Anda kreasikan menjadi jus sebagai salah satu upaya mengurangi konsumsi karbohidrat.

Macam-Macam Diet Sehat

Ada beberapa jenis diet yang dipercaya bisa menurunkan berat badan secara maksimal, namun juga sehat serta berimbang, diantaranya adalah:

1.  Diet tinggi protein

Diet ini seringkali disebut sebagai diet dukan, yaitu program diet yang dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan, telur, temped dan tahu hingga daging. Selain itu juga tetap harus mengurangi konsumsi karbohidrat serta lemak agar hasilnya bisa maksimal.

Dengan diet dukan ini, Anda dapat membakar lemak yang terkandung dalam tubuh sehingga akan membentuk jaringan-jaringan otot yang kuat dan sehat. Tidak heran jika diet ini cukup popular bagi banyak kalangan seperti para atlet dan sebagainya.

2. Diet rendah lemak

Ada banyak sekali sumber lemak jahat di sekitar maupun di dalam tubuh yang menyebabkan penambahan berat badan secara tidak sehat. Sumber tersebut umumnya berasal dari makanan seperti gorengan, kulit ayam, hingga mentega. Karena itu ada diet rendah lemak yang sering dilakukan oleh sebagian orang.

Diet ini dilakukan dengan cara berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jahat sebagaimana tersebut. Tentunya hal itu harus diganti dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak baik seperti kacang-kacangan, alpukat, hingga minyak zaitun. Sebab lemak baik ini dapat memperbaiki sistem syarat serta jaringan-jaringan dalam tubuh.

3. Diet rendah karbohidrat

Seringkali mengkonsumsi karbohidrat secara tidak beraturan bisa memicu kelebihan berat badan dan mengganggu kesehatan tubuh. Karena itu diet rendah karbohidrat bisa menjadi solusi akan hal ini. Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi  makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti nasi putih, mie instan, hingga jagung.

Anda bisa menggantinya dengan makanan berkarbohidrat yang baik serta tidak menimbulkan kegemukan seperti roti gandum hingga nasi merah. Tentu saja karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh Anda sebagai sumber energi, hanya saja ambil yang baik-baik. Selain juga juga harus diimbangi dengan konsumsi buah dan air mineral yang teratur.

4. Diet shake

Diet ini sangat cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan untuk berdiet maupun yang seringkali meninggalkan sarapan. Hal itu disebabkan diet shake dilakukan dengan cara mengkonsumsi susu yang rendah kalori. Selain itu juga mengandung banyak nutrisi makro yang baik untuk kebutuhan diet.

Seperti halnya produk smart detox yang dikeluarkan oleh perusahaan Synergy Worldwide yang juga menyediakan produk berupa nutritional shake. Nutrisi ini bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan, sehingga porsi makan Anda akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Produk tersebut juga terbuat dari sayuran, buah, biji-bijian, maupun kacang-kacangan yang baik untuk tubuh.

5. Diet mayo

Diet mayo merupakan program diet yang dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat namun tetap mengandung lemak yang cukup disertai dengan konsumsi buah-buahan. Pasalnya, konsumsi buah-buahan khususnya anggur secara maksimal bisa membakar lemak dan kemudian dapat menurunkan berat badan dalam jangka waktu tertentu.

Umumnya diet ini tidak menggunakan garam dalam makanan yang akan dikonsumsi dan dilakukan selama 12-13 hari. Hasilnya akan tampak drastis karena memang lemak Anda menjadi  berkurang cukup banyak. Hanya saja tubuh Anda akan merasakan sedikit  lemas dan letih.

Selain beberapa jenis diet tersebut masih banyak sekali diet yang sering pula dilakukan oleh kebanyakan orang, seperti food combining, diet keto, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kondisi fisik dan keinginan pengurangan berat badan.

Manfaat Diet Sehat

Seringkali kebanyakan orang menganggap bahwa manfaat diet adalah untuk menurunkan berat badan dan mengatur pola makan dan minum secara minimal. Namun, dibalik itu ternyata masih ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh ketika hingga setelah melakukan program diet, terlebih itu diet yang sehat.

Diet sehat bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik atau tubuh saja, namun juga bisa bermanfaat untuk psikologi dan pikiran Anda. Diantara manfaat diet untuk kesehatan fisik adalah sebagai berikut:

1. Menstabilkan berat badan

Tentu saja dengan diet yang sehat dan benar Anda akan memperoleh manfaat utamanya yaitu berat badan akan lebih stabil dan proporsional. Anda tidak perlu khawatir jika berat badan akan menurun maupun bertambah secara drastis. Hal itu mengingat, diet yang dilakukan secara alami dan benar hasilnya akan terasa secara bertahap.

2. Menurunkan resiko kanker

Siapa sangka bahwa diet sehat bisa menurunkan resiko kanker. Memang benar hal itu, sebab setiap Anda menjalankan diet sehat akan selalu menjaga pola makan, khususnya banyak makan makanan yang mengandung nutrisi dan berserat tinggi. Serat sendiri sangat baik untuk kesehatan pencernaan, dimana sel kanker yang bersarang dalam usus bisa terangkat pula.

3. Mencegah Alzheimer

Diet yang sehat bisa mencegah penyakit Alzheimer di masa tua Anda. Hal itu disebabkan diet sehat tentu diimbangi dengan olahraga secara teratur. Sementara olahraga sendiri baik untuk kesehatan otak termasuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi secara maksimal.

4. Menyehatkan jantung

Diet yang sehat tentu menganjurkan untuk makan makanan yang mengandung serat tinggi. Hal itu kemudian bisa berpengaruh terhadap kolesterol serta lemak jahat yang ada dalam tubuh yaitu akan berkurang, sehingga baik pula untuk kesehatan jantung. Dengan begitu, Anda juga bisa terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya.

5. Menurunkan resiko diabetes

Begitu pula diet yang dilakukan secara sehat dan alami bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes. Pasalnya diet selalu meninggalkan makanan yang mengandung banyak gula hingga lemak. Jadi, secara tidak langsung kadar gula darah Anda juga akan menurun selama melakukan diet secara baik dan maksimal, terlebih jika Anda banyak makan sayur dan buah.

6. Memperkuat tulang

Bagi Anda yang melakukan diet sayur atau vegetarian akan mendapat menfaat baik berupa memperkuat tulang. Sebab, kebanyakan makan daging dan tidak diimbangi dengan sayur, akan menimbulkan kelebihan kadar protein dalam tubuh, sehingga akan mengganggu menyerapan kalsium pada tulang.

7. Membantu menyehatkan kulit

Begitu pula jika Anda melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara berimbang, maka dapat menyehatkan kulit. Seperti halnya wortel, tomat, dan lain sebagainya yang bisa Anda olah menjadi jus agar lebih enak dan berserat tinggi.

Sedangkan manfaatnya untuk pemikiran dan psikologi adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Tidak bisa dipungkiri bahwa jika Anda awalnya mempunyai berat badan yang tidak proporsional seperti halnya berlebihan kemudian melakukan diet sehat dan berhasil akan lebih merasa lebih bahagia. Selain itu juga bisa membuat Anda lebih percaya diri di setiap kesempatan sebab berat badan dan kondisi tubuh yang sudah ideal sesuai dengan keinginan serta lebih sehat.

  • Menstabilkan mood

Secara tidak langsung, diet sehat akan membuat mood Anda lebih stabil. Hal itu disebabkan kondisi tubuh yang sehat serta beran badan yang seimbang. Jika sudah begitu, Anda akan lebih bersemangat dan aktif dalam menjalakan rutinitas sehari-hari tanpa terlalu banyak mengeluh akibat rasa lelah.

  • Tidur menjadi lebih nyenyak dan tenang

Diet secara sehat seringkali erat kaitannya dengan pola hidup sehat, mulai dari aspek makanan, minuman, olahraga hingga tidur. Jika pola makan dan olahraga tercukupi dengan baik, bisa membuat Anda akan lebih nyaman serta tenang saat istirahat dan tidur.

Cara Diet Sehat Secara Modern

Sering dengan perkembangan dan kemajuan zaman, kini ada banyak sekali program diet yang ditawarkan oleh ahli, tentunya secara sehat dan berimbang. Salah satunya adalah diet dengan cara detox seperti halnya yang ditawarkan oleh smart detox. Detox ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan diet secara mudah dan aman.

Diet Sehat Secara Modern
Diet Sehat Secara Modern

Sebagaimana diet pada umumnya, smart detox juga menerapkan beberapa aturan seperti pola makan dan minum. Hanya saja ia menambahkan dengan mengkonsumsi produk suplemen makanan yang di produksi oleh perusahaan Synergy Worldwide. Program diet ini seringkali dinilai sebagai cara yang modern dengan tidak mengesampingkan kesehatan tubuh.

Smart detox ini sangat aman untuk semua kalangan dan usia mulai dari anak muda, dewasa maupun orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Hal itu disebabkan karena  suplemen dari perusahaan Synergy Worldwide ini dibuat dari bahan alami serta dengan teknologi modern. Tidak heran jika metode ini sudah dilakukan dibanyak negara baik Eropa maupun Asia.

Metode diet sehat ini tidak dilakukan secara sembarangan sebab para ahli menentukan sistem pola yang disebut dengan 2-3-2 selama 7, 10, 15, dan 20 hari. Artinya, diet sehat ini dilakukan  secara bergantian atau selang-seling seperti dua hari Anda bebas mengkonsumsi apa saja dengan catatan porsi setengah saja disertai dengan minum produk smart  hari detox. Tiga hari kemudian baru melakukan detox yaitu hanya mengkonsumsi produk smart detox saja.

Kemudian dua hari selanjutnya Anda bebas makan apapun seperti biasanya, dan begitulah seterusnya hingga 20 hari ke depan secara berturut-turut. Demikian, Anda harus bersabar dalam menjalankan diet jenis ini karena memang prosesnya terbilang lama. Untuk lebih mudahnya  dan tidak mudah lalai akan polanya, Anda bisa membuat jadwal agar tetap terlaksana secara rutin dan optimal.

Upaya Untuk Memaksimalkan Diet Sehat

Diet sehat bukan hanya tentang pola makan maupun suplemen berupa nutrisi tertentu saja, sebab hal itu tidak akan mudah berhasil begitu saja tanpa adanya upaya lebih lanjut. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan program diet sehat, diantaranya adalah:

  • Bergerak aktif

Bergerak secara aktif bisa membuat tubuh Anda terasa rileks dan lebih fresh. Hal itu bisa Anda lakukan saat menjalankan aktifitas atau rutinitas sehari-hari seperti berangkat kerja hingga memasak, menyapu, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung hal itu bisa menjadi olahraga alternatif bagi Anda yang tidak mempunyai waktu lebih untuk berolahraga secara teratur.

  • Olahraga secara teratur

Anda bisa melakukan olahraga di pagi maupun sore hari secara rutin. Hal itu bermanfaat untuk menurunkan kalori dan lemak yang ada dalam tubuh secara maksimal. Olahraga tersebut bisa Anda lakukan dengan cara jalan-jalan hingga jogging selama beberapa menit atau secukupnya. Sebaiknya olahraga dilakukan sebelum sarapan atau makan malam.

  • Buat target dan lakukan pengecekan berat badan secara berkala

Tidak ada salahnya Anda membuat target saat melakukan program diet sehat, terlebih jika itu diet yang tidak ada aturan jangka waktu. Hal itu bertujuan agar masa diet Anda tidak berlebihan dan melampaui batas, sehingga mengganggu kesehatan Anda. Bukan hanya itu target juga bisa menjadi tolak ukura seberapa jauh tingkat keberhasilan Anda dalam melakukan diet.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan berat badan selama program diet seperti halnya satu minggu sekali. Hal itu bertujuan agar Anda mengetahui betul jumlah angka dalam penurunan berat badan. Kemudian itu juga bisa menjadi acuan bagi Anda maupun orang lain untuk melakukan diet di masa selanjutnya agar lebih mudah menjalankannya.

Smart detox bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjalankan program diet secara sehat dan modern. Bahkan smart detox menawarkan banyak produk yang bisa Anda dapatkan dalam bentuk paket maupun eceran. Harganya sangat bervariasi tergantung jenis paket, jenis produk hingga ukuran produk yang akan Anda beli dan Anda bisa melihatnya dalam smartdetoxplus.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.